Nutrisi Ruhyah

Image     Tubuh sehat adalah tubuh yang memiliki cukup nutrisi dan terbebas dari penyakit. Nutrisi diperoleh dari apa yang dikonsumsi oleh orang tersebut. Jika tubuh kekurangan nutrisi, maka tubuh akan mengalami degradasi kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, tubuh akan mudah terserang penyakit. Ketika tubuh sakit, maka akan fisik menjadi lemah dan pada akhirnya akan menghambat segala aktifitas yang seharusnya bisa dilakukan ketika dalam kondisi sehat.

            Pernyataan di atas adalah hal yang berhubungan dengan tubuh (jasadiyah). Jika kita analogikan jiwa (ruhyah), maka tidak akan jauh berbeda dengan jasadiyah. Namun, yang menjadi nutrisi ruhyah adalah amal yaumi (amal/ ibadah sehari-hari). Beberapa amal yaumi yang bisa dilakuakan antara lain adalah: menjaga kontinuitas shalat berjamaah di masjid, membaca Al-Quran, shalat dhuha, shalat tahajjud, puasa sunah senin kamis, bershadaqah, menghafal Al-Quran, membaca buku Islami, dan lain sebagainya.

Ketika ruhyah tidak diisi dengan nutrisi (amal yaumi) yang cukup dan berkesinambungan, maka akan mengalami penurunan kualitas semangat dan akan menjadi penghambat dalam aktifitas kebaikan sehari-hari. Maka tak heran kalau kita melihat seseorang yang hari ini ia sangat soleh, tapi beberapa hari kemudian ia futur dan di hari-hari berikutnya ia kembali soleh.

Selain itu, kita juga tidak dapat pungkiri bahwa iman kita terkadang naik dan terkadang turun. Namun, yang menjadi perhatian di sini adalah bagaimana caranya membentengi diri agar iman ini tidak mengalami penurunan kualitas yang cukup drastis.

Ketahuilah saudaraku, cobaan yang kita alami akan berbanding lurus terhadap amal yaumi yang harus dijaga kontinuitasnya. Semakin berat cobaan yang dialami, maka seharusnya semakin meningkat pula amal yauminya. Karena sesungguhnya amal yaumi akan menjadi nutrisi dalam menjaga semangat dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Setiap menghadapi segala macam hambatan atau masalah ketika menjalani kehidupan ini, janganlah terlalu cepat menyalahkan keadaan. Seharusnya, ketika masalah datang menghadang tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu apa yang telah kita lakukan sehingga masalah ini bisa terjadi. Yang paling mengetahui tentang diri kita adalah pribadi kita sendiri. Sama halnya ketika sedang sakit, misalnya demam. Sebaiknya jangan terlalu buru-buru ke dokter atau ke apotik untuk mencari obat. Akan tetapi, lihat dulu penyebabnya kenapa kondisi tubuh bisa lemah, apakah karena pola makan yang tidak teratur atau pun kondisi lingkungan yang tidak higienis. Maka perbaiki pola makan dan bersihkan lingkungan sekitarlah solusinya. Selanjutnya konsumsi makanan yang sehat dan perbanyak minum air mineral.

Setiap masalah yang dihadapi, tanyakan pada diri terlebih dahulu kepada diri sendiri apa solusinya dan senantiasa curhat kepada Allah serta sharing dengan saudara dan sahabat kita. Dengan begitu insyaAllah semua masalah bisa terselesaikan. Bukankah Allah telah menjanjikan kepada kita dalam surah Al-Insyirah yang artinya:

 

“Maka, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.” (Al-Insyirah: 5-6)

Bayangkan, Allah menyebutnya sampai dua kali bahwa ada kemudahan bersama kesulitan. Dalam ayat yang lain Allah berfirman:

 

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

(Al-Baqarah: 286)

Saudaraku, mari senantiasa kita tingkatkan amal yaumi kita. Isilah hari-hari yang dilalui dengan nutrisi ruhyah yang terjaga kontinuitasnya. Jemput berkah Allah, karena sesungguhnya berkah Allah berada pada orang yang beriman kepadaNya dan senantiasa meningkatkan keimanannya. Tidak hanya meningkatkan keimanan  pribadinya saja, namun juga mengajak keluarga, saudara, sahabat, dan orang-orang yang ada di sekitarnya untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Mari awali setiap langkah kebaikan dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Semoga kita senantiasa diberikan petunjuk oleh-Nya dalam setiap rintangan yang kita hadapi.

Wallahua’lam…

Categories: Mutiara Kata, Uncategorized | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: