Motivasi dari Allah

Setiap orang pernah mengalami tekanan jiwa, kesedihan, putus asa dan patah semangat. Setiap orang juga pernah mengalami kondisi dimana ia berada pada titik jenuh dan dalam keterpurukan. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh beragam hal yang menimpa seseorang sesuai dengan situasi yang sedang dialami oleh orang tersebut. Bias jadi karena kehilangan orang yang sangat dicintai, kehilangan benda yang sangat disayangi, patah hati, mendapat musibah bencana, atau karena mengalami kejadian yang tak diduga-duga. Namun, tak jarang pula ada yang mampu bangkit dari keterpurukannya dan bersemangat untuk menyongsong masa depan yang sedang menunggunya. Mereka mampu bangkit karena ada yang memotivasinya. Motivasi merupakan suatu dorongan atau alasan untuk merubah diri atau pola hidup menjadi lebih baik di masa depan. Motivasi bagi seseorang bisa diperoleh dari berbagai sumber, bias melalui orang tua, saudara, sahabat, music, pemandangan, atau bahkan dari video yang ia tonton.

Sebenarnya, tanpa harus dicari pun kita telah diberikan motivasi oleh Allah Yang Maha Kuasa. Bahkan, tak jarang pula Dia berjanji untuk memberikan balasan yang baik bagi hamba-Nya. Di dalam Al-Quran surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6 Allah memberikan motivasi kepada kita agar tidak menyerah dan putus asa ketika menghadapi kesulitan.

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.” (Al-Insyirah: 5-6)

Di ayat yang lain Allah juga memotivasi hamba-Nya agar tetap optimis dalam menghadapi permasalahan hidup, karena apa pun masalah yang dihadapi oleh seseorang semuanya insyaAllah bisa diselesaikan dan tidak ada yang berada di luar batas kemampuannya.

“Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kesanggupannya.” (Al-baqarah: 286)

Jadi, jangan pernah putus asa, patah semangat, bersedih (atau bahkan ingin bunuh diri) ketika menghadapi permasalahan-permasalahan hidup. Tidak pantas kita berbuat demikian karena di sekeliling kita masih banyak hal mampu memberikan motivasi bagi kita untuk bangkit, terutama motivasi dari Sang Khaliq. Jadikanlah Allah sebagai motivasi utama kita dalam mengarungi kehidupan ini.

Allah telah memotivasi kita selaku hamba-Nya dengan janji-janji yang telah diabadikan dalam Al-Quran. Selain itu, Dia juga menciptakan segala sesuatu agar menjadi motivasi bagi kita. Sekarang, semuanya dikembalikan kepada diri setiap manusia apakah ia mau mengambil motivasi tersebut atau tidak. Sesungguhnya motivasi terbaik dalam hidup adalah yang Menciptakan kita, yaitu Allah SWT. Wallahua’lam.

Categories: Mutiara Kata | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: